Senin, 25 Januari 2010

Armani Exchange Studded Eagle Mirip Garuda Pancasila





JAKARTA, KOMPAS.com - Kaos oblong buatan perancang mode terkemuka dunia, Giogio Armani, bikin geger jagat online Indonesia. Pasalnya, di bagian depan dan punggung kaos terbarunya ini, Armani melekatkan gambar burung garuda yang sangat mirip dengan lambang negara Republik Indonesia.

Kemiripan desain kaos bertajuk "A|X Studded Eagle" ini terlihat dari posisi kepala burung yang menghadap ke kanan. Simbol-simbol yang ada di dada burung juga melukiskan simbol kelima sila Pancasila dengan simbol Bintang berada di bagian tengah.

Meskipun gambar tersebut sudah disamarkan, simbol Padi-Kapas dan simbol Rantai sepintas masih terlihat. Kedua kaki burung di gambar kaos itu juga mencengkram papan tulisan, tidak ubahnya lambang negara Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika di bawahnya. Sedangkan simbol Kepala Banteng dan Pohon Beringin diganti dengan huruf A dan X, merujuk pada konsep desain "A|X Studded Eagle".

Kaos tanpa kerah dengan ukuran body fit ini dirilis oleh A|X Armani Exchange, salah satu label milik Armani yang ditujukan untuk pangsa pasar anak-anak muda. Di websitenya, A|X sama sekali tidak disinggung adanya hubungan antara desain di kaos yang dibuat dalam tiga warna dasar (hitam, putih dan biru tua) tersebut dengan lambang Negara Republik Indonesia. Kaos seharga 29 dollar AS ini hanya disebut memiliki desain logo burung elang yang terinspirasi dari militer dengan sentuhan cahaya yang halus.

A|X Armani Exchange sendiri diluncurkan pada tahun 1991 di Amerika dan hingga saat ini menjadi salah satu merek fashion terkemuka dunia. A|X telah memiliki 140 gerai di seluruh dunia termasuk di Inggris, Brazil, Argentina, Meksiko, Korea, Jepang dan Cina.

Belum ada penjelasan resmi dari pemerintah Indonesia terkait penggunaan gambar Garuda Pancasila di kaos buatan Armani tersebut. Juga belum ada kepastian apakah kaos ini akan beredar di Indonesia.(KOMPASIANA/ISKANDARJET)

sumber gambar http://www.armaniexchange.com/


1 komentar:

kaos oblong mengatakan...

bagus desainnya..

Posting Komentar

Silakan dikomentari

Get cash from your website. Sign up as affiliate.