Selasa, 02 Desember 2008

MENGATASI MATA PERIH AKIBAT MONITOR



Bagi anda yang setiap hari selalu eksis didepan komputer pastinya anda mesti melihat monitor.waspadalah jika mata anda sampai perih.jangan di kucek kucek.!
Berikut tips yang bisa anda perhatikan.


1.PENCAHAYAAN.
Perhatikan pencahayaan dalam ruangan.jangan bekerja pada ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata.sebab mata akan cepat lelah karena menerima dua sumber cahaya sekaligus yaitu cahaya lampu dan monitor.

2.PERIKSA MONITOR.
Periksa monitor anda apakah masih bekerja dengan baik.jika gambar berkedip-kedip dengan kata lain tidak nyaman bagi mata anda,maka anda sebaiknya mengganti dengan monitor yang rendah radiasi,seperti LCD.memang harga monitor LCD bisa membauat sakit hati kita..tetapi LCD mempunyai kelebihan lain.yakni hemat listrik.tanpa menerapkan prinsip 17.00-22.00.

3. KOMPOSISI WARNA.
Jika anda tidak kuat membeli monitor LCD.anda masih bisa menggunakan monitor CRT anda tanpa melelahkan mata.yakni dengan mengatur komposisi warna pada monitor.Redupkan brightness,contrast,maupun warna menjadi hanya sepertiganya saja.Warna yang tidak terlalu terang membantu mata agar tidak perlu bekerja terlalu keras.Selain itu anda bisa menggunakan filter glass monitor.filter ini bukan hanya sekedar meredupkan cahaya monitor.tetapi juga mampu mengurangi radiasi yang dipancarkan.

4.PANDANGAN.
Jika anda harus bekerja dengan komputer sambil membaca kertas.taruhlah dengan jarak yang seimbang dengan monitor kalau perlu tepat didepan layer monitor agar anda tidak perlu bolak-balik balik bolak memfokuskan pandangan.dan jangan lupa untuk menggunakan ukuran font yang besar.

5 JARAK.
Aturlah jarak antara layar monitor dengan mata and sekitar 30-40 cmdenga posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata anda ,atau sedikit di bawah mata anda.Selain tidak melelahkan mata anda,posisi ini dapat menjaga bahu dan leheranda cukup nyaman..

6.BERKEDIP.
Istirahtkan mata anda kira-kira sepuluh menit setiap berada di depan monitor.Sering-seringlah berkedip,karena dengan berkedip bisa menurunkan ketegangan dan menjaga mata anda tetap basah dan becek.

1 komentar:

Obat Herbal Radang Usus mengatakan...

mata saya juga sekarng sering perih sekali kalau di depan komputer,,kalau di kucek tidak kah masalah?

Posting Komentar

Silakan dikomentari