Selasa, 02 Desember 2008

MANFAAT LAIN VITAMIN A



Vitamin A merupakan vitamin yang sangat popular untuk kesehatan mata karena fungsinya penting untuk integritas retina.jika kekurangan vitamin A mata tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan cahaya dari luar.Akibatnya dapat menderita rabun senja.yaitu mata sulit melihat jika senja.
Tetapi vitamin A masih mneyimpan banyak kegunaan selain untuk kesehatan mata.Vitamin A juga berguna untuk kesehatan jaringan tubuh,karena vitamin ini mempercepat prose penyembuhan luka.Dalam kegiatan pertumbuhan dan perkembangan jaringan epitelial.Vitamin A mempertahankan kesehatan dan struktur kulit,rambut dan gigi.
Peranan Vitamin A lainnya adalah sebagai antioksidan yang membantu merangsang dan memperkuat daya tahan tubuh dalam meningkatkan aktivitas sel pembunuh kuman(natural killer cell),memproduksi limfosit,fagositis dan antibody.Bahkan kegunaan vitamin A termasuk memperkuat kekebalan selular yang menghancurkan kanker.
Fungsi tubuh lain yang di Bantu vitamin A adalah reproduksi,pembuatan dan aktivitas hormon adrenalin.,pembuahan dan aktivitas hormone tyroid,mempertahankan struktur dan fungsi sel-sel saraf,menjaga kekebalan tubuh pada umumnya,serta mempebaharui sel jaringan tubuh.
Penggunaan vitamin A juga harus diperhatikan,terutama untuk wanita hamil dan anak-anak.Vitamin A yang berlebihan dalam tubuhakan menimbulkan racun dan menyebabkan gejala-gejala pada tubuh seperti,mual,kepala pening,kulit kering dan nyeri sendi.Khusus untuk wanita hamil,Vitamin A yang berlebihan akan menyebabkan kelainan pada janin.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan dikomentari

Get cash from your website. Sign up as affiliate.